[IDVolunteering] Playstation console membawa aku menjadi kader kesehatan reproduksi

Awalnya saya hanyalah pemuda biasa di dalam sebuah komplek pemukiman yang padat penduduk yaitu di komplek Bougenville RT.16 RW.05 Kelurahan Karyabaru Palembang. Biasanya sepulang sekolah atau kuliah  atau pada waktu tidak sekolah atau kuliah saya dan kawan-kawan hanya kumpul-kumpul sambil bermain PlayStation ataupun melakukan hal-hal yang tidak bermanfaat lainnya.

Namun kemudian pada suatu hari ketika saat kami sedang kumpul-kumpul di tempat permainan rental PlayStation datang seseorang Community Organizer (CO) yang mengajak saya dan kawan-kawan menjadi kader PIKM PKBI Daerah Sumatera Selatan.

Selanjutnya atas kesepakatan bersama PIKM yang kami dirikan diberi nama PUSAT INFORMASI KESEHATAN MASYARAKAT KOMUNITAS PECINTA PLAYSTATION PEDULI HIV/AIDS ANTI NARKOBA (PIKM KP3HAN) dan melakukan kegiatan rutin pertemuan sebulan satu kali dan membicarakan hal-hal yang aktual seputar HIV/AIDS dan bahaya penyalahgunaan Narkoba.

Setelah saya dan kawan-kawan mengikuti sosialisasi HIV/AIDS, pelatihan kader, seminar dan membaca buku-buku yang ada, maka saya semakin paham tentang HIV/AIDS. Dan selanjutnya setelah beberapa bulan ditempah dengan berbagai pelatihan, saya diberikan kepercayaan untuk menyampaikan materi seputar HIV/AIDS dan Narkoba kepada rekan-rekan remaja dan ibu-ibu di PIKM MASYLHIVA dan PIKM LO 8.

Dari berbagai kegiatan penyuluhan yang kami laksanakan, terkadang untuk mengajak seseorang atau masyarakat untuk melakukan tes VCT (Voluntary Counseling Test) sangatlah sulit hal ini dikarenakan mereka merasa sehat dan hidup tidak menyimpang dan juga ada yang terkesan masa bodoh. Akan tetapi itu bukan jadi hambatan bagi kami. Kami terus berusaha meyakinkan warga untuk melakukan tes tersebut. Dan alhasil setiap melakukan penyuluhan ada tiga orang lebih mau melakukannya.

Cara yang paling mudah dan berhasil yang pernah dilakukan untuk mengajak masyarakat tes HIV yaitu setelah dilakukan penyuluhan HIV/AIDS selanjutnya diadakan pengobatan umum gratis dan dilanjutkan tes HIV/AIDS (VCT). Pengobatan umum ini sangat diminati masyarakat. Setelah mereka diberikan penjelasan HIV/AIDS akan spontan mengikuti VCT.

Selanjunya cara saya untuk meyakinkan pemerintah kelurahan supaya bertanggungjawab dalam perogram HIV/AIDS yaitu melibatkan aparat kelurahan dalam segala kegiatan dan pemerintah kelurahan telah memberikan surat dukungan. Pada setiap kegiatan setidaknya ketua RT mengetahuinya oleh sebab itu kami selalu melakukan kegiatan sosialisasi di rumah ketua RT setempat.

Kader PIKM KP3HAN merberikan sosialisasi HIV/AIDS pada ibu-ibu PIKM LO 8 .

Kader PIKM KP3HAN memberikan penyuluhan HIV/AIDS kepada ibu-ibu PIKM LO 8 di kelurahan karya baru palembang.

defriansyahsafeisafeiyahoo-com_foto1.jpg

Ketua Kader PIKM KP3HAN Defriansyah Safei sedang memberikan Orasi di bundaran air mancur Palembang pada malam renungan HIV/AIDS 2014.

Ketua Kader PIKM KP3HAN Defriansyah sedang memberikan Sosialisai Bahaya HIV/AIDS dan NARKOBA kepada kelompoknya dan para tetangga.

Ketua Kader PIKM KP3HAN Defriansyah Safei sedang memberikan Sosialisai Bahaya
HIV/AIDS dan NARKOBA kepada kelompoknya dan para tetangga.

Kader PIKM KP3HAN merberikan sosialisasi HIV/AIDS pada kel ibu-ibu Pengajian Di Musholla Al Karim.

Kader PIKM KP3HAN merberikan sosialisasi HIV/AIDS pada kelompok ibu-ibu Pengajian
Di Musholla Al Karim RT 43 Palembang.

 

Kader aktif pada kegiatan MRAN (malam renungan aids) Desember 2014 PKBI di Benteng Kuto Besak Palembang.

Kader aktif pada kegiatan MRAN (malam renungan aids) Desember 2014 PKBI di Benteng Kuto Besak Palembang.

Kami sangat bangga menjadi kader kesehatan. Dengan berbagi pengetahuan tentang bahaya virus HIV/AIDS kita bisa menyelamatkan generasi. PKBI Sumatera Selatan sendiri punya program Save women and child. Terima kasih Pkbi, kita akan terus menebar kebaikan. Salam Relawan.

 

 

 

Iklan

Posted on 23 November 2015, in kader kesehatan, relawan, volunteer and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: